Jumat, 14 Oktober 2011

BAHUMA

Dahulu dan sekarang orang Dayak identik dengan kehidupan bercocok tanam,dan dalam melaksanakan kegiatan ini ada satu hal yang menarik yang dapat diperhatikan terutama didaerah saya di Kecamatan Mempawah Hulu dan Kecamatan Menjalin Kab. Landak.
ini dia, kita mulai dengan kata Bahuma

Bahuma sendiri sudah dilakukan sejak jaman dahoya (dahulu kala)dalama melaksanakan kegiatan ini banyak sekali runtun kegiatan yang harus dilakukan sesuai dengan atur adat yang berlaku di daerah tersebut (baca di artikel "serangkaian kegiatan bahuma orangdayak kanayatn")dalam serangkaian ini, hal yang paling menarik dan paling menyenanakan dilakukan ketika bahuma adalah Belo' (Narik Aleatn).

Belo' atau narik aleatn itu sendiri adalah kegiatan dimana seorang yang memiliki lahan yang akan digarap menjadi lahan padi mengerahkan seluruh atau sebagian rombongan untuk menyelesaikan pekerjaan penggarapan tadi, biasanya rombongan ini terdiri dari sejumlah orang yang masing-masing memiliki lahan pertanian dan berprofersi sebagai petani yang menanam padi.

Hal yang menarik adalah ketika melakukan penanaman padi dilakukan secara bersama-sama dari segenap rombongan tadi, semarak dan nuansa kekompakan sungguh terasa, dalam rentetan kegiatan ini biasanya ada coffe break dan orang dayak menyebutnya SIKUAN, sikuan biasanya dilakukan tiga kali, dua kali snack dan satu kali makan siang mmmmmmmmmmmmmmmmm seru thu,,,,,,,,,,,,

Kegiatan belo' ini dilakukanketika pagi hari, mengejar target sampai matahari terbenam, pada pagi hari sekitar jam 9 biasanya sikuan pertama dilakukan setelah itu baru dilanjutkan lagi bekerja sampai pada jam 12 siang inilah sikuan tahap kedua yakni makan siang, setelah itu lanjut bekerja, sekitar jam 3 sore ada lagi sikuan terakhir dan setelah itu lanjut bekerja, sampilah pada jam 5 sore dan waktunya pulang setelah semua selesai saat itu jika masih ada makanan yang tersisa biasanya aleatn bersantai sejenak bersenda gurau sambil melepas lelah dengan makan cemilan yang masih ada tadi.

Makanan yang terasa pun begitu khas walau sederhana menu yang ditawarkan sangat menggugah selera ketika lelah bekerja.

Suasana seperti ini pun masih sangat terjaga di daearah-daerah orang dayak bermukim khususnya di Kec. Mempawah Hulu dan Kec. Menjalin Kab. Landak, rasa kompakdan kekeluargaan sangat terasa pada saat hal itu dilaksanakan, tolong-menolong tanpa mengharap balasan, kejujuran dan berbagi itulah suasana yang saya rasakan ketika ikut belo' bersama kakek dan nenek saya.

Hendaknya orang muda bisa menjadikan hal ini sebagai acuan untuk kompak selalu dalam kehidupan moderen walaupun namanya berbeda namun makna dan hikmahnya yang perlu kita perhatikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes